Selasa, 21 November 2017

Aku Ingin Jadi Penulis

0




Hai kawa-kawan, ketemu lagi sama saya nih. Kali ini saya akan membahas mengenai Aku Ingin Jadi Penulis. Disini ada yang ingin menjadi seorang penulis? Kalau ada, mari simak tips menjadi menulis bagi pemula dari saya.

1.  Menulis Jurnal Harian
Langkah awal yang tepat bila kamu ingin menjadi penulis adalah menulis jurnal harian. Tuangkan semua yang kamu ingin sampaikan mengenai apa yang terjadi pada hari-harimu. Jangan hanya dipendam saja, tapi coba untuk dituangkan dalam bentuk tulisan.

2. Perkaya Pembendaharaan Kata
Selain kamu hanya menulis jurnal harian, agar jurnal kamu terasa lebih menarik untuk dibaca akan lebih baik jika kamu menmbahkan istilah-istilah baru atau majas. Coba cari makna kata lain dari kata yang sudah meanstream di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. 

           3. Tuangkan, Jangan Hanya Berimajinasi
Jika kamu sudah merasa jurnal harianmu terlalu biasa, kamu bisa mencoba menuangkan cerita yang ada dalam imajinasimu. Kamu pasti pernah berimajinasi mengenai sebuah cerita, terkadang kita hanya bisa memendamnya. Nah, coba sekarang kamu memberanikan diri membuat sebuah cerita pendek atau apapun itu yang kamu inginkan.

4. Minta Pendapat Orang Lain
      Jika kamu sudah membuat sebuah tulisan, jangan biarkan hanya kamu saja yang bisa membaca tulisanmu itu dan berakhirlah dengan tulisan yang terbengkalai. Tapi, coba kamu suruh orang tua, saudara, ataupun teman untuk membaca tulisanmu, jika sudah mintalah pendapat mereka mengenai tulisanmu, tanyakan apa saja yang harus kamu perbaiki lebih lanjut dalam tulisanmu. Jangan pernah malu untuk meminta masukan dari orang lain, bagaiamanapun juga masukan dari mereka itu penting untuk membuat kita menjadi lebih baik lagi, selama masukan itu bersifat positif dan membangun

5    5. Jangan Malas dan Terus Berlatih
Untuk memaksimalkan potensi kamu, kamu harus terus berlatih, melihat karya orang lain yang lebih berpengalaman dan terus memperbaiki karya-karyamu. Jangan pernah mudah menyerah, karena tidak ada hasil yang akan mengecewakan proses.

Mungkin cukup sekian tips dari saya, semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada postingan berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar