Sabtu, 02 Desember 2017

Kecerdasan Manusia

0




Hai kawan, ketemu lagi nih.
Kalian pernah bertanya-tanya gak sebenarnya saya itu pintar dalam bidang apa? Sebenarnya kemampuan saya itu apa? Nah, kali ini saya akan membahas mengenai macam-macam kecerdasan manusia.
1.       Intelegence of Word (Kecerdasan Mengolah Kata)
Kecerdasan ini mengacu pada kemampuan berbahasa atau memahami bahasa baik tulis maupun lisan dengan sangat baik dan efektif. Orang yang memiliki kecerdasan ini pada umumnya pandai menghibur, meyakinkan orang lain, dan berargumentasi dengan baik. Orang yang memiliki kecerdasan ini juga menyukai membaca. Menulis, dan berdiskusi. Orang dengan kecerdasan ini mengungkapkan keinginannya dengan cara yang tepat, jelas, dan singkat. Orang dengan kecerdasan ini baik pada pekerjaan yang melibatkan komunikasi pada orang banyak.
2.       Intelegence of Logic (Kecerdasan Logika)
Kecerdasan ini merupakan kecerdasan dalam berfikir secara logika dan mampu mengolah angka dengan baik. Orang dengan kecerdasan ini selalu berfikir secara rasionaldan mampu memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi secara logika. Mereka juga mampu memahami argument lawan bicara secara logis dan memecahkan masalah dengan matematis menggunakan kecerdasan logika. Dalam penelitian, kecerdasan ini digunakan untuk hipotesa sebelum melakukan uji.
3.       Intelegence of Visual (Kecerdasan Visual)
Orang dengan kecerdasan visual memiliki tingkat kecerdasan yang mengacu pada gambar, ruang, bentuk dan tentang gambaran perasaan. Orang dengan kemampuan ini dapat merekam apa yang dilihatnya dengan mengingat dengan jelas gambaran aslinya, mereka juga mampu menggambarkan secara nyata visual yang ada di gambaran mereka. Orang dengan kecerdasan ini mempunyai kemampuan melukis, fotografi, arsitek, design, dan lainnya. Orang dengan kecerdasan ini memiliki tingkat seni yang tinggi.
4.       Intelegence of Music (Kecerdasan Musikal)
Orang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan yang baik dalam bermusik, bernyanyi, memahami nada, dan menciptakan irama musik. Orang dengan kecerdasan ini memiliki suara yang merdu dan sangat baik. Mereka juga sensitif dengan nada nada musik dan sangat efektif apabila bekerja ditemani lantunan musik. Mereka berfikir melalui melodi dan irama.
5.       Intelegence of Physical (Kecerdasan Fisik)
Kecerdasan fisik mencakup kemampuan atau kecerdasaan dalam bergerak dan aktivitas yang melibatkan gerakan tubuh, misalnya menari. Orang dengan kecerdasan ini memilki kemampuan untuk mengendalikan tubuhnya dengan sangat baik. Gerakan-gerakan yang dibuatnya juga terkoordinasi dengan baik dari pikirannya. Orang dengan kecerdaasan ini juga memiliki kelenturan tubuh yang baik.
6.       Intelegence of People (Kecerdasan Intrapersonal)
Kecerdasan ini merupakan kecerdasan dimana orang pintar dalam memahami orang lain dan sensitive terhadap sekitarnya. Orang dengan kecerdasan ini mampu memahami perasaan orang lain dengan mudah. Orang dengan kecerdasan ini juga memiliki kemampuan dalam memimpin, berempati, dan mengatur orang lain. Orang dengan kecerdasan ini mampu mempelajari apapun dari orang lain dan mencontoh hal baik untuk dia lakukan.
7.       Intelegence of Self (Kecerdasan Interpersonal)
Orang dengan kecerdasan ini sangat peka dan mampu mengendalikan emosi pada diri sendiri, memahami keinginannya dan mengendalikan seluruh perasaan pada dirinya sendiri. Orang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan khusus yang disebut dengan stationer, yaitu kemampuan untuk tetap menjadi orang yang netral dan sulit dipengaruhi oleh emosi, masalah, keinginan yang berasal dari luar.
8.       Intelegence of Nature (Kecerdasan Natural)
Orang dengan kecerdasan natural memiliki kepekaan terhadap alam dan mencintai alam. Mereka baik dalam hal yang berhubungan dengan alam dan lingkungan serta senang memelihara hewan atau merawat tanaman. Orang dengan kecerdasan ini baik dalam bidang biologi.
9.       Intelegence of Exixtence (Kecerdasan Intuitif)
Kecerdasan intuitif merupakan kecerdasan yang dimiliki seseorang dalam insting. Orang dengan kecerdasan ini memilki tingkat insting yang baik. Orang dengan kecerdasan ini mengetahui sesuatu hal tersebut benar atau salah melalui insting alami yang dimilikinya. Kecerdasan ini sangat peka terhadap kehidupan dan makna hidup.
10.   Kecerdasan Numerik
Kecerdasan numeric mendasari kecerdasan logika. Orang yang memilki kecerdasan numeric ini sangat menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan angka dan memilki kecerdasan yang lebih tinggi dalam menyelesaikan persoalan matematis.
11.   Intelegence of Spatial (Kecerdasan Psikologi)
Kecerdasan ini memilki kemampuan atau skil mental dalam menyelesaikan masalah berdasarkan visualisasi suatu objek dari berbagai sudut pandang, dan mengetahui detail atau rekognisi gambaran. Kecerdasan ini biasanya lebih efektif pemecahan masalah dalam area yang nyata, orientasi terhadap benda atau objek, dan investigasi.
12.   Kecerdasan Emosional/Emotional Quotient (EQ)
EQ merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali emosi dalam dirinya sendiri dan mengenal perasaan orang lain. Kecerdasan ini dapat menjalin hubungan interaksi yang baik dengan orang lain.orang dengan kecerdasan ini cenderung mementingkan kepentingan orang lain daripada kepentingan dirinya sendiri.
13.   Kecerdasan Spiritual/Spiritual Quotient (SQ0
SQ merupakan kecerdasan spiritual yaitu orang memilki kemampuan untuk mempelajari hal hal spiritual atau agama dan mengajarkannya kepada orang lain melalui bimbingan, atau merencanakan sesuatu untuk tujuan hidupnya. SQ juga mampu membangun diri sendiri dan orang lain secara utuh dan menyelesaikan masalah dengan kaidah-kaidah atau nilai-nilai spiritual yang diyakini.
14.   Adversity Quotient (AQ)
AQ merupakan kemampuan orang untuk mengatasi kesulitan-kesulitannya dan mampu menilai suatu hal yang sekiranya akan mendatangkan masalah untuk dirinya. Orang dengan kecerdasan AQ mampu mengatasi permasalahan dengan baik , meningkatkan mutu diri, dan mendorong inovasi.
15.   Kecerdasan Sosial
Kecerdasan social juga disebut dengan kecerdasan intrapersonal. Orang dengan kecerdasan ini sangat baik dan hubungan dan interaksi dengan orang lain dan lingkungannya. Mereka mampu memahami situasi, kondisi, perasaan orang lain, dan menempatkan dirinya pada situasi tersebut.
Demikian macam-macam kecerdasan yang dimiliki manusia. Allah telah menanugrahkan kecerdasan kita agar kita senantiasa bersyukur pada-Nya. Walaupun kecerdasan setiap orang itu berbeda-beda. Seekor burung telah dianugrahi sayap untuk terbang, ia bisa saja belajar berenang, namun kemampuannya berenang tidak akan semahir ikan. Cukup sekian, semoga bermanfaat ya, sampai jumpa pada postingan berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar